Sosialisasi LPSE di Bali

Bali, 27 Juli 2009, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah – LKPP bekerja sama dengan Provinsi Bali mengadakan acara Sosialisasi Layanan Pengadaan Secara Elektronik – LPSE. Acara yang dibuka oleh Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali – Ir. IDP Punia Asa, MT ini berlangsung di Ruang Rapat Wiswa Sabha Utama kantor Gubernur Bali.

Dalam sambutannya Ir. IDP Punia Asa, MT mengatakan Pemprov Bali sampai saat ini masih terus bersiap untuk menerapkan e-procurement. “Kami terus melakukan sosialisasi ke semua SKPD di Bali, menyiapkan infrastruktur termasuk jaringan serta server, juga ruangan khusus untuk LPSE Provinsi Bali. Kami targetkan pada September 2009 kami siap melakukan lelang secara elektronik, ”jelasnya.

Sementara itu Direktur e-Procurement Ir. Ikak G. Patriastomo dalam paparannya mengatakan dengan melaksanakan e-procurement anggaran belanja di sektor pengadaan bisa diefisienkan sebesar 20%. “Jadi kalau total belanja pengadaan tahun 2009 ini sebanyak 450 trilyun, maka sekitar 90 trilyun anggaran bisa di hemat dan itu setara dengan biaya pembangunan 16 jembatan Suramadu, ”paparnya.

Menurutnya implementasi e-procurement ditargetkan akan dilaksanakan secara nasional di tahun 2011. “ Sebenarnya akan sangat rugi bagi institusi, departemen dan daerah yang tidak menerapkan e-procurement karena itu berarti banyak kebocoran anggaran pengadaan yang sebenarnya tidak perlu, dan hanya dinikmati oleh segelintir orang saja, ”tegasnya. Dengan penerapan e-procurement pasar pengadaan di design bisa diikuti oleh sebanyak mungkin pelaku usaha sehingga bagi pengguna dipastkan akan mendapatkan barang dengan kualitas dan harga terbaik.

Pada kesempatan sosialisasi kali ini juga menghadirkan Kepala Pusat Pengakajian Komunikasi Sandi – Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) – Inu Baskara yang menjelaskan bahwa sesuai dengan MOU antata LKPP tanggal 29 Oktober 2008 Lemsaneg membantu membuatkan aplikasi pengamaana data dalam transasksi e procurement. “Kami menciptakan alguritma sandi untuk mengamankan dokumen lelang, tidak mengambil alguritma yang lain. Aplikasi dibuat semudah mungkin, sesedikit mungkin campur tangan dari pengguna, ”jelasnya.

Sosialiasasi hari ini dilanjutkan dengan refresh ToT bagi pengelola LPSE Provinsi Bali, yang diharapkan kedepannya dapat memberikan bantuan teknis bagi SKPD-SKPD yang berminat untuk melelangkan paketnya secara elektronik. ToT akan berlangsung pada tanggal 28-29 Juli 2009 di LPSE Provinsi Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s