Penggunaan TI jangan Menyebabkan Dehumanisasi

Denpasar (Bisnis Bali),

Pakar Teknologi Informasi (TI) mengatakan, TI memiliki peran yang sangatstrategis dalam kehidupan umay manusia dewasa ini. Oleh karena itu, keberadaannya harus dimanfaatkan secara arif untuk kesejahteraan manusia.

“TI harus digunakan secara arif. Keberadaan TI harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan manuasia,” kata pakar TI dari Institute Pertanian Bogor, Prof. Dr. Kudang Boro Seminar, belum lama ini.

Menurut Kudang, TI diciptakan sebagai anugerah bagi umat manusia. Karena itu, keberadaan fasilitas TI harus dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan kehidupan manusia. “TI jangan membuat manusia sebagai budak,” katanya.

Agar manusia tidak menjadi budak dari ledakan perkembangan TI, Kudang menyerukan agar semua pihak selalu memperhatikan faktor etika dan norma dalam memanfaatkan TI sebagai media komunikasi kontemporer. “Keberadaan TI jangan menimbulkan dehumanisasi atau membuat kita kehilangan nilai-nilai kemanusiaan,” katanya.

Pakar psikologi pendidikan dari Amerika Serikat, Jerome Bruner, menyuarakan hadirnya teknologi informasi memliki efek dehumanisasi pada anak didik.

Bruner mengingatkan, ditengah dominannya penggunaan teknologi infomrasi berbasis komputer, dunia pendidikan akan menghadapi budaya baru yakni kultur komputasi.

Zaman informai yang menyediakan digitalisasi telah mengubah secara drastis tradisi cetak menjadi tradisi digital. Dalam tradisi cetak, citra belajar digambarkan murid-murid yang mengerjakan tugas dengan menenggelamkan wajah di buku-buku, kini di masa teknologi informasi ditandai dengan kebekuan anak didik menenggelamkan wajah ke layar monitor komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s